NAMA : YUDI PURNOMO
NPM : 59413545
KELAS : 3IA21
MATA KULIAH : Desain Pemodelan Grafik
NAMA DOSEN : SYEFANI RAHMA DESKI
Pengertian Desain dan Pemodelan Grafik
NPM : 59413545
KELAS : 3IA21
MATA KULIAH : Desain Pemodelan Grafik
NAMA DOSEN : SYEFANI RAHMA DESKI
Pengertian Desain dan Pemodelan Grafik
1. Arti kata Desain, Model/Pemodelan, Grafis/Grafik sesuai dengan Bahasa
Indonesia
Desain biasa
diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian
kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa
digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja,
"desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan
obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk
menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah
rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.
Model/Pemodelan adalah
rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem,
atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya
dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar
rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis.
Grafik/Grafis
(dari bahasa Inggris "Graphic") adalah presentasi visual
pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau
batu bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk hiburan.
Contohnya adalah: foto, gambar, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.
Contohnya adalah: foto, gambar, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.
Dalam Bahasa
Indonesia, kata "Grafis" sering dikaitkan dengan Seni Grafis (Printmaking)
dan Desain Grafis atau Desain Komunikasi Visual.
2. Arti
kata Desain Grafis
Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi
menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi
visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi,
tata letak, dan desain interaksi.
Secara keseluruhan Desain grafis adalah suatu bentuk
komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau
pesan seefektif mungkin.
Desain grafis memiliki unsur yaitu bentuk, tekstur,
garis, ruang, warna yang membentuk prinsip-prinsip desain visual. Dimana
prinsip-prinsip tersebut meliputi keseimbangan, tekanan, proporsi, dan kesatuan
yang membentuk aspek-aspek structural komposisi yang lebih luas.
Arti kata Desain dalam bidang kesenian
Seni terapan, arsitektur,
dan berbagai pencapaian kreatif. Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif
dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi,
pengolahan gambar, dan tata letak.
Arti kata Desain dalam bidang sistem informasi
Dapat berupa tahap setelah analis dari siklus
pengembangan sistem informasi/teknologi, menggambarkan bagaimana system
terbentuk yang dapat berua penggambaran, perencanaan, dan pembuatan sketsa.
Arti kata Desain dalam bidang Arsitektur
Arti kata Desain dalam bidang Fashion
Dapat dipakai untuk merancang atau mendesain sebuah
bentuk yang ingin diwujudkan baik dalam pakaian, motif, dll.
3.
Pemahaan desain dalam bidang
a. Desain dalam bidang Seni merupakan sebuah pembentukan pola awal dari pola yang akan dibuat, biasanya berupa gambaran-gambaran yang akan diimplementasikan yang menyerupai gambar aslinya bertujuan agar mengurangi resiko kesalahan ketika objeck di implementasikan.
a. Desain dalam bidang Seni merupakan sebuah pembentukan pola awal dari pola yang akan dibuat, biasanya berupa gambaran-gambaran yang akan diimplementasikan yang menyerupai gambar aslinya bertujuan agar mengurangi resiko kesalahan ketika objeck di implementasikan.
b.
Desain dalam bidang Teknologi merupakan sebuah perencanaan yang dibuat untuk
membuat bentuk aslinya, desain dalam bidang ini biasanya menggunkan
software-software yang mendukung untuk pembuatannya dikarenakan desain dalam
bidan teknologi harus tepat tidak boleh memiliki kesalahan sedikitpun.
c.
Desain dalam bidang Arsitektur merupakan sebuah implementasi dari imajinasi
yang akan dibuat rancangannya, Desain dalam Arsitektur memerlukan imajinasi
tinggi karena semaik unik sebuah desain tersebut semakin mahal harga desainnya.
d. Desain menurut Pribadi yaitu merupakan sebuah gambaran dari sebua pikiran atau imajinasi yang dituangkan agar orang lain dapat melihat dan dapat diimplementasikan.
4.1 Prinsip dan Unsur desain Grafis dalam Kesenian
Prinsip
- Ruang Kosong (White Space)
Dimaksudkan agar karya tidak terlalu padat dalam penemoatannya pada sebuah bidang dan menjadikan objeck dominan.
- Kejelasan (Clarity)
Kejelasan mempengaruhi penafsiran dari penikmat karya seni, walalupun karya seni itu terlihat Abstrak sehingga karya seni itu dapat mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu.
- Kesederhanaan (Simplicity)
dapat diartikan tidak berlebihan dan mendorong penikmat seni untuk menatap lama dan tidak jenuh.
- Emphasis (Point of Interest)
Bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mempunyai nilai Artistic
d. Desain menurut Pribadi yaitu merupakan sebuah gambaran dari sebua pikiran atau imajinasi yang dituangkan agar orang lain dapat melihat dan dapat diimplementasikan.
4.1 Prinsip dan Unsur desain Grafis dalam Kesenian
Prinsip
- Ruang Kosong (White Space)
Dimaksudkan agar karya tidak terlalu padat dalam penemoatannya pada sebuah bidang dan menjadikan objeck dominan.
- Kejelasan (Clarity)
Kejelasan mempengaruhi penafsiran dari penikmat karya seni, walalupun karya seni itu terlihat Abstrak sehingga karya seni itu dapat mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu.
- Kesederhanaan (Simplicity)
dapat diartikan tidak berlebihan dan mendorong penikmat seni untuk menatap lama dan tidak jenuh.
- Emphasis (Point of Interest)
Bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mempunyai nilai Artistic
Unsur
- Garis (Line)
- Garis (Line)
Sebuah garis
adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin
yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus
(straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi
desain.
- Bentuk
(Shape)
Bentuk
adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang
dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga
(triangle).
- Tekstur
(Texture)
Tekstur
adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan
cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan
sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju,
kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.
- Ruang
(Space)
Ruang
merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain
dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain
grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua
unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).
- Ukuran
(Size)
Ukuran
adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.
Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan
(emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan
dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
- Warna
(Color)
Warna
merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa
menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari
bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas
4.2 Prinsip
dan Unsur desain Grafis dalam Arsitektur
Prinsip
Prinsip
- Ruang
Kosong (White Space)
Dimaksudkan
agar karya tidak terlalu padat dalam penemoatannya pada sebuah bidang dan
menjadikan objeck dominan.
-
Kejelasan (Clarity)
Kejelasan
mempengaruhi penafsiran dari orang yang melihat desain arsitektur tersebut.
agar tidak membuat orang yang melihatnya merasa bingung atau merasa tidak
mengerti dengan desain tersebut.
-
Kesederhanaan (Simplicity)
dapat
diartikan tidak berlebihan agar orang yang melihat merasa tidak aneh dengan
desain arsitektur tersebut.
- Emphasis (Point
of Interest)
Bertujuan untuk
menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mempunyai
nilai Artistic
Unsur
- Garis
(Line)
Sebuah
garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan
titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau
lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau
konstruksi desain. di Dalam Arsitektur Garis memiliki banyak peran untuk
menyatakan sebuah gambar.
- Bentuk
(Shape)
Bentuk
adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang
dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga
(triangle).
- Tekstur
(Texture)
Tekstur
adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan
cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan
sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju,
kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.
- Ruang
(Space)
Ruang
merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain
dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain
grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua
unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).
- Ukuran
(Size)
Ukuran
adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.
Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan
(emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan
dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
- Warna
(Color)
Warna
merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa
menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari
bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas
5. Pemahaman
Desain Grafis dan Karikatur
Karikatur
berasal dari bahasa italia caricare. Kata ini berhubungan dengan kata carattere yang
berarti karakter dan cara yang diartikan sebagai roman muka (Supradaka, 1993)
mengartikan karikatur sebagai humor yang menekankan ejekan atau sindiran
tentang masalah sosial politik yang sedang hangat dibicarakan.
Bentuk visual dari
karikatur biasanya dilakukan dengan distorsi-distorsi pada bagian tertentu
sehingga kesannya menjadi lucu atau aneh. Distorsi ini digunakan sebagai
penekanan tentang tema yang diangkat sebagai karikatur.
6. Contoh pemodelan grafis pada Kesenian, Sistem
Informasi, dan Arsitektur.
Brosur adalah
satu dari sekian banyak contoh dari penerapan design pemodelan grafis, pada
brosur tersebut diatas terdiri dari kombinasi warna dan gambar yang dibuat
semenarik mungkin agar menarik perhatian orang-orang. Pada brosur diatas juga
dibuat dengan mementingkan tujuan dari pembuatan acara yang akan diadakan.
SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain
http://id.wikipedia.org/wiki/Model
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain
http://id.wikipedia.org/wiki/Model
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar